Langsung ke konten utama

Pantai Segolok, Tempat Menikmati Senja di Kabupaten Batang

Saat kalian berkunjung untuk menikmati wisata alam di Kabupaten Batang, kalian pasti akan mencari info destinasi wisata seperti Kebun Teh Pagilaran, Wisata Kembang Langit, Pantai Ujung Negoro, Pantai Sigandu, dan beberapa destinasi wisata lain yang terkenal. Jika kalian mengunjungi Kabupaten Batang, jangan lupa untuk mengunjungi salah satu pantai yang memiliki pemandangan yang tidak bisa kalian lewatkan begitu saja, Pantai Segolok.


Fotonya @add_jie
Pantai Segolok mungkin belum terkenal seperti Pantai Sigandu dan Pantai Ujung Negoro. Pantai ini terletak di sebelah barat Pantai Sigandu, sekitar 5 km dari alun-alun Batang atau sekitar 8,5 km dari alun-alun Pekalongan. Pantai ini masih memiliki hamparan pasir yang luas. Selain itu Pantai Segolok juga masih memiliki banyak pepohonan yang bisa digunakan untuk sekedar berteduh dari panasnya terik matahari. Beberapa hari yang lalu saya berkesempatan untuk mengunjungi Pantai Segolok lagi. Saya dan rombongan Explore Pekalongan memilih datang pada sore hari. Kami berangkat dari Pekalongan pukul 16.00 WIB dan baru mencapai pantai pukul 16.45 WIB karena padatnya arus lalu lintas di Pekalongan. Jika kalian mau mengunjungi pantai ini sebisa mungkin jangan datang terlalu sore dan pastikan kendaraan kalian dalam kondisi yang baik karena jalan menuju Pantai Segolok masih rusak dan tidak ada penerangan jalan.
@add_jie suka ngambil foto kenangan, eh genangan.
Sore hari mungkin merupakan waktu yang tepat untuk menikmati pantai ini. Selain bisa terhindar dari panas yang menyengat, Pantai Segolok juga memiliki pemandangan matahari terbenam terbaik di daerah Pekalongan dan sekitarnya (menurut saya hehe).  Iya, dari pantai ini kalian bisa melihat matahari terbenam. Mungkin kalau saya boleh menyebutnya, Pantai Segolok merupakan “Bali”nya Kabupaten Batang. Menikmati senja di Pantai Segolok bisa dijadikan alternatif untuk menghilangkan penat setelah melakukan aktivitas kerja. Bisa juga menikmati senja bersama orang terkasih atau juga bersama keluarga.
Pantai Segolok memang belum banyak dikenal, hanya ada beberapa warga sekitar yang mengunjungi pantai ini. Mereka datang ke pantai ini untuk sekedar berwisata bersama keluarga, bermain bola dan juga ada beberapa pemancing datang ke Pantai Segolok.
"Jangan menikmati senja bersama orang yang membuatmu menunggu, karena saat pagi datang, dia akan pergi dan menikmati senja berikutnya bersama orang lain, meninggalkan kenangan, bukan kepastian."
Pantai Segolok sebenarnya merupakan salah satu potensi wisata yang dapat dijadikan tempat wisata andalan Kabupaten Batang jika dikelola dengan baik. Pantai ini sepertinya masih belum mendapat perhatian dari Dinas terkait karena akses jalan menuju pantai ini masih rusak dan belum ada penerangan jalan. Untuk masuk kawasan Pantai Segolok kalian tidak perlu membayar karena memang tidak ada loket tiket atau tukang parker di pantai ini, berbeda dengan beberapa pantai yang ada diantara Pantai Sigandu hingga Pantai Ujung Negoro. Jika kalian mengunjungi Pantai Segolok jangan lupa untuk membawa bekal makanan atau minuman karena di lokasi ini belum ada warung atau pedagang seperti yang ada pada pantai lainnya.
Kita lagi latihan tante~
Semoga kedepannya Pantai Segolok bisa menjadi salah satu destinasi wisata favorit Kabupaten Batang. Akses jalan menuju lokasi juga perlu diperbaiki sehingga pantai ini bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas dan  masyarakat tidak “malas” untuk datang ke Pantai Segolok. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tempat wisata yang kalian kunjungi. Jangan sampai wisata alam yang indah menjadi kotor hanya karena kalian tidak membuang sampah pada tempatnya.

Jalannya masih rusak hehe




Postingan populer dari blog ini

Bukit Pawuluhan, Mengobati Kerinduan Akan Ketinggian

Kabupaten Pekalongan memang tidak akan pernah habis untuk dieksplore potensi wisatanya. Dengan luas kurang lebih 837 km persegi, wajar bila banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan. Setelah beberapa waktu lalu saya membahas tentang Petungkriyono, kali ini saya akan membahas salah satu potensi wisata yang ada di sebelah selatan Pekalongan.

Kesegaran Kebun Teh dan Hutan Pinus Kabupaten Batang

Kali ini saya sedikit mengulas tentang beberapa primadona wisata yang ada di daerah Kabupaten Batang. Kabupaten Batang terletak di sebelah timur Kotamadya Pekalongan. Beberapa potensi yang sudah sering kalian dengar mungkin adalah Kebun Teh Pagilaran dan Wisata Sikembang.

Eksotisme Petungkriyono, Negeri Seribu Curug Kabupaten Pekalongan

Kemana liburan kalian kemarin? Ke laut, ke gunung, city tour, atau ke kondangan mantan? haha. Pada long weekend kali ini saya berkesempatan untuk mengeksplore daerah di Kabupaten Pekalongan. Alasan mengapa saya tidak bepergian ke luar kota karena memang saya jarang banget mengeksplore potensi wisata alam di tanah kelahiran saya sendiri.